ANALISIS KINERJA PELAYANAN KAPAL MOTOR FERRY PENUMPANG DI DANAU TOBA

Authors

  • Charles Sitindaon Universitas Katolik Santo Thomas
  • Riana Ledyanti Sinaga Universitas Katolik Santo Thomas
  • Andar Sitohang Akademi Teknik Deli Serdang

Keywords:

Kinerja Pelayanan, IPA

Abstract

Pelabuhan di Pulau Samosir merupakan pelabuhan Kapal Motor Penumpang yang berada di Pulau Samosir, Provinsi Sumatera Utara dengan kategori Pelabuhan Besar. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan Pelabuhan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kinerja pelayanan berdasarkan analisis pelayanan angkutan penyeberangan kapal motor di Pulau Samosir. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode survei. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dan kuesioner mengenai kinerja pelayanan yang dinilai berdasarkan tingkat kepuasan pelanggan. Data dianalisis menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan yang paling tinggi berdasarkan persepsi responden yaitu pada KMP Ihan Batak dibandingkan dengan empat KMP lainnya. Sementara menurut rute, menurut responden bahwa rute Ajibata-Tomok merupakan rute dengan tingkat kepuasan paling rendah di antara rute-rute lainnya. Kesimpulannya bahwa kinerja pelayanan pelabuhan Pulau Samosir yang ditunjukkan oleh KMP penyeberangan masih belum memuaskan pengguna sehingga perlu adanya perbaikan pelayanan.

References

[1] Buchari, A. 2001. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

[2] Darangeng, A.R., & Kamariah, N. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kapal Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Makassar. Jurnal Administrasi Negara, 27 (1): 70-91.

[3] Kotler, P. 2006. Marketing Management: Analysis, Planning, Control, Implementation. New Jersey: Pearson Prentice Hall Inc.

[4] Moekijat. 2001. Pengembangan Manajemen dan Motivasi. Badung: Pionir Jaya.

[5] Nurbaya, F., & Hadi, W. 2020. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Pelabuhan Muara Angke. Jurnal Logistik D III Transportasi UNJ, 13(1): 19-30

[6] Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 39 Tahun 2015, tentang

Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Penyeberangan,

Direktorat Perhubungan, Jakarta.

[7] UU No. 17 Tahun 2008, tentang Pelayaran.

Downloads

Published

14-12-2022

How to Cite

Sitindaon, C., Sinaga, R. L., & Sitohang, A. (2022). ANALISIS KINERJA PELAYANAN KAPAL MOTOR FERRY PENUMPANG DI DANAU TOBA. ATDS Saintech Journal of Engineering, 3(2), 22–37. Retrieved from https://ejournal.atds.ac.id/index.php/atdssaintech/article/view/26

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>